diposkan pada : 01-01-2016 08:45:44

Seperti yang Kita tahu, ISO 9001 versi 2015 telah ditetapkan sebagai standar baru sistem manajemen mutu taraf internasional bagi semua perusahaan atau lembaga organisasi yang menyediakan barang dan jasa atau produk pada masyarakat. Terdapat beberapa perubahan terkait ISO 9001 versi 2015 dengan sistem yang dirancang sebelumnya. Namun perlu diketahui bahwa adanya beberapa perubahan ISO 9001 versi 2015 tentu tidak bertentangan dengan visi dan misi dari sistem manajemen mutu yang sudah diterapkan.

Berikut ini beberapa perubahan signifikan yang tertera pada ISO 9001 versi 2015 dibandingkan dengan sistem sebelumnya, antara lain:

  • Konteks organisasi.

Perusahaan atau organisasi diminta untuk mengidentifikasi isu dan persyaratan perencanaan sistem manajemen mutu.

  • Pendekatan proses.

Process approach perlu diterapkan perusahaan untuk mengukur dan mengevaluasi seluruh proses hingga output perusahaan.

  • Risk and preventive action.

Perusahaan diminta untuk mengidentifikasi resiko dan melakukan preventive action.

  • Kepuasan pelanggan.

Perusahaan diharuskan mengikuti setiap perkembangan kebutuhan masyarakat dan memenuhi kepuasan pelanggan.

 

Beberapa poin penting tersebut adalah sebagian dari sistem perubahan ISO 9001 versi 2015 yang perlu Anda ketahui. ISO 9001 versi 2015 juga mengalami perubahan dari sistem dokumentasi dan memperbolehkan grading kualitas dari produk atau barang dan jasa yang dihasilkan setiap organisasi atau perusahaan. Contoh grading tersebut diantaranya yaitu grade A, B, C, D, premium, KW dan seterusnya berdasarkan mutu dari produk yang bersangkutan.

 

Persyaratan Revisi Standar ISO 9001 Versi 2015
 

Persyaratan Revisi Standar ISO 9001 Versi 2015 Mengikuti setiap perubahan sistem manajemen mutu internasional yang terbaru merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap lembaga, perusahaan atau organisasi. Hal ini bukan hanya ditujukan demi kepentin ...

Artikel lainnya »